Rabu, 19 Oktober 2011

evaluasi kesehatan benih ikan mas dan nila hasil hibrida dan pemurnian

Diposkan oleh yuli murniyanti di 00.29
EVALUASI KESEHATAN BENIH IKAN MAS DAN NILA
HASIL HIBRIDISASI DAN PEMURNIAN
RINGKASAN
Oleh : E. Mudjiutami, Y. Eliyani, Z. Zainun

Kegiatan pemurnian induk dan perbaikan mutu benih hibrida diharapkan mampu menanggulangi kebutuhan benih berkualitas dengan pertumbuhan yang cepat dan toleran terhadap penyakit. Untuk itu diperlukan informasi tentang tingkat ketahanan benih ikan mas dan hasil pemurnian dan hibridisasi terhadap jenis parasit dan bakteri pathogen.
Pengamatan terhadap prevalensi dan intensitas serangan Trichodina sp. menunjukan bahwa hasil perkawinan antara Sinyonya-Sinyonya lebih rentan dibandingkan dengan hasil perkawinan Sinyonya-Majalaya, Majalaya-Sinyonya dan Majalaya-Majalaya. Demikian pula terhadap serangan bakteri Aeromonas hydrophylla.
Ikan nila hasil pemurnian lebih rentan terhadap Trichodina sp. dan bakteri Aeromonas hydrophylla dibandingkan dengan ikan nila hasil persilangan antar strain ( NIFI, GIFT, Citralada dan lokal). Sedangkan ketahanan tubuh benih nila hasil persilangan antar strain terhadap serangan Aeromonas hydrophylla dan Trichodina sp. relatif sama.
Pada tahun 1998/1999 akan dilakukan upaya peningkatan daya tahan tubuh terhadap penyakit pada ikan mas dengan menggunakan bahan yang dapat menstimulir kekebal

0 komentar:

Poskan Komentar

 

perikanan Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting