Minggu, 18 Desember 2011

Potensi Perikanan Indonesia Sangat Besar

Diposkan oleh yuli murniyanti di 01.46
Denpasar, CyberNews. Indonesia mempunyai potensi sektor perikanan yang sangat besar, namun produksinya baru sekitar 10 juta ton selama tahun 2009.

Produksi tersebut diharapkan bisa ditingkatkan minimal menjadi 12 juta ton dalam tahun 2010, kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad ketika mencanangkan gerakan makan ikan (Gemar ikan) di Taman Budaya Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, produksi sebanyak 10 juta ton itu untuk memenuhi konsumsi masyarakat sehari-hari dan sebagian lainnya sebagai matadangan yang mampu menembus pasaran ekspor.

Ekspor hasil perikanan mempunyai peran yang sangat pentingnya artinya dalam meningkatkan perolehan devisa negara.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Gubernur Bali AAN Puspayoga itu, Menteri Fadel Muhammad menambahkan, melalui gerakan gemar makan ikan diharapkan mampu meningkatkan produksi perikanan, baik perikanan laut, maupun pengembangan perikanan air tawar.

Untuk itu pihaknya mendorong peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan secara nasional, dengan harapan mampu mencetak sumber daya manusia yang bermutu serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengaku, Indonesia menghadapi hambatan, belum mampu secara maksimal memanfaatkan potensi sumber daya ikan untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional.

Hal itu tercermin dari tingkat konsumsi ikan yang belum merata di seluruh wilayah Indonesia serta sesuai anjuran pola pangan harapan untuk mengkonsumsi 31,4 kg perkapita setiap tahunnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

perikanan Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting