Rabu, 14 Desember 2011

nelayan pesisir lebak butuh pabrik es

Diposkan oleh yuli murniyanti di 22.21
Lebak (ANTARA News) - Nelayan pesisir selatan Kabupaten Lebak, Banten, yang tersebar di sembilan tempat pelelangan ikan hingga kini belum memiliki pabrik es untuk mendukung usaha penangkapan ikan, sehingga mereka terpaksa mendatangkan es dari luar daerah.

"Selama ini kebutuhan es dipasok dari Tangerang agar ikan-ikan bisa bertahan lama," kata Sekertaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lebak Ade Supriyadi di Lebak, Rabu.

Ia mengatakan, nelayan pesisir selatan Lebak setiap hari mendapat pasokan es dari luar daerah sekitar tiga sampai empat truk diesel untuk mengawetkan ikan agar bisa bertahan lama.

Nelayan sangat membutuhkan pasokan es untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan karena saat ini di TPI Binuangeun tidak ada.

Pemerintah daerah dan provinsi diharapkan segera membangun pabrik es, sehingga nelayan tidak mendatangkan dari Tangerang.

Sebab pabrik es, kata dia, saat ini merupakan kebutuhan vital untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan nelayan.

"Kami pernah kesulitan untuk mendapatkan es, sehingga terpaksa hasil tangkapan ikan dijual murah," katanya.

Kepala Pendaratan Pangkalan Ikan Kecamatan Wanasalam Hadi mengatakan , selama ini kawasan TPI Binuangeun belum memiliki pabrik es sehingga diharapkan pemerintah dapat membangun pabrik tersebut.

"Kami dan nelayan sudah mengusulkan kepada pemerintah untuk membangun pabrik es," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lebak H Edi Wahyudi mengakui selama ini nelayan yang tersebar di sembilan TPI belum memiliki pabrik es.

Pasokan es didatangkan dari Serang dan Tangerang untuk mendinginkan ikan agar bisa bertahan lama.

"Kami saat ini sedang mengusulkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membangun pabrik es," ujarnya. (MSR/B013)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

perikanan Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting